A Cool Stuff in Germany : Sistem Akses Pintu Utama di Apartemen

Di Indonesia saya belum pernah masuk ke sebuah apartemen. Saya juga tidak mengetahui bagaimana sistem akses pintu utama di bangunan apartemen. Pintu utama ini maksudnya adalah sebuah pintu utama yang perlu dilalui sebelum masuk ke sebuah apartemen. Umumnya sebuah gedung apartemen terdiri dari beberapa apartemen. Di Jerman, sebuah gedung apartemen bisa terdiri dari 12 buah apartemen. Di gedung apartemen saya, setiap lantainya terdiri dari 2 buah apartemen. Hal yang menarik di Jerman adalah lantai 1 umumnya disebut lantai dasar dan lantai 1 nya adalah lantai satu tingkat di atas lantai dasar. Saat ini saya tinggal di lantai 4 yang sebetulnya adalah lantai 5 versi Indonesia. Dengan kondisi setiap lantai terdiri dari 2 apartemen maka gedung apartemen saya memiliki 5 lantai.

Kembali lagi membahas pintu utama. Dapat dibayangkan betapa repotnya apabila salah seorang penghuni apartemen di lantai 5 kedatangan seorang tamu dan ia harus turun ke lantai dasar hanya untuk membukakan pintu untuk tamu tersebut. Thanks to teknologi yang telah mempermudah manusia. Dengan teknologi, penghuni apartemen lantai 5 tersebut dapat membukakan pintu dengan hanya menekan sebuah tombol. Selain itu, si penghuni bisa juga menelepon tamu yang berada di depan pintu utama tersebut untuk verifikasi identitas si tamu tersebut. Bahkan saat ini, metode verifikasi ini bisa juga melalui sebuah video.

Terkesan dengan sistem otomatisasi ini, saya pun mengecek merk produk yang terpasang di apartemen saya di Aachen. Produk yang berupa telefon seperti pada Gbr. 1 tersebut adalah produk dari SSS SIEDLE [1]. Produk tersebut terdiri dari gagang telefon dan 2 buah tombol. Tombol dengan simbol kunci berfungsi untuk membukakan pintu secara otomatis dan tombol dengan simbol lampu berfungsi untuk menyalakan lampu di semua lorong dalam satu gedung.

 

SSS SIEDLE
Gbr. 1 Telefon Akses Pintu Merk SSS SIEDLE

Adapun di depan pintu utama akan terpasang label nama-nama penghuni beserta tombol belnya yang dilengkapi dengan telefon. Dengan demikian saat seorang tamu hendak bertamu ke salah seorang penghuni apartemen, tamu tersebut harus menekan bel yang kemudian akan tersambung ke salah satu penghuni apartemen. Penghuni apartemen kemudian menelefon untuk verifikasi identitas. Setelah yakin dengan identitas si tamu, penghuni apartemen cukup menekan tombol dengan simbol kunci untuk membukakan pintu utama di lantai dasar tersebut.

Perusahaan SSS SIEDLE ini rupanya memiliki banyak inovasi untuk sistem otomatisasi rumah [2]. Misalnya SSS SIEDLE juga memiliki sistem otomatisasi kotak pos [3]. Bagi yang tertarik dengan segala bentuk sistem otomatisasi rumah ini, website siedle [4] layak untuk di-explore.

Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat.

Aachen, 26.08.2017

Referensi

  1. http://www.siedle*.de/App/WebObjects/XSeMIPS.woa/cms/page/locale.deDE/pid.221.224.2980.4800/H%C3%B6rger%C3%A4tekompatibel.html
  2. http://www.siedle*.de/App/WebObjects/XSeMIPS.woa/cms/page/locale.deDE/pid.221.224/Produkte.html
  3. http://www.siedle*.de/App/WebObjects/XSeMIPS.woa/cms/page/locale.deDE/pid.221.224.2980.5613/Lieferbox.html
  4. http://www.siedle*.de/App/WebObjects/XSeMIPS.woa/cms/page/locale.deDE/pid.221.3595/Wissen.html

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s