German Keyboard Layout vs English Keyboard Layout

Ada perbedaan layout pada german keyboard [1] dan english keyboard [2] (lihat Gbr. 1).  Perbedaan yang menonjol adalah posisi huruf Y dan Z yang tertukar posisinya. Selain itu pada german keyboard terdapat tambahan tombol untuk karakter umlaut [3] dan eszett [4].

Seseorang yang terbiasa menggunakan english keyboard,  sering kali merasa kesulitan ketika menggunakan german keyboard. Tetapi apabila seseorang tersebut hidup di negara yang berbahasa jerman misalnya Jerman, Austria, Swiss, dll [5] dan mulai sering menulis dalam bahasa jerman, maka menggunakan german keyboard adalah penting agar karakter yang dibutuhkan terdapat pada keyboard-nya.

Sebetulnya anda bisa mengganti layout keyboard tanpa perlu membeli keyboard baru. Ini dikarenakan pengaturan layout keyboard dapat diubah secara software [6]. Langkah-langkah untuk mengubah pengaturan tersebut pada windows 7 adalah sebagai berikut :

  1. Klik Start
  2. Ketik intl.cpl pada kotak search program and files, kemudian tekan ENTER
  3. Pada Keyboards and Languages tab, klik Change keyboards
  4. Klik add untuk menambahkan keyboard layout dalam bahasa tertentu. Pada contoh ini, add German sebagai tambahan layout selain English.

Gbr. 1 English Keyboard and German Keyboard Layout

Setelah menambahkan german keyboard layout dengan mengikuti prosedur di atas, anda masih bisa dengan mudah berpindah dari keyboard layout yang satu dengan yang lainnya dengan cara mengklik pilihan bahasa pada sudut kanan bawah seperti ditunjukkan pada Gbr. 2.

change_language

Gbr. 2 Pilihan keyboard layout

Tentunya dengan memilih pilihan bahasa jerman, tampilan aktual keyboard anda menjadi tidak cocok lagi dengan fungsi sebelumnya. Hal ini dapat dicoba dengan mengetik huruf Y pada keyboard yang akan memunculkan karakter Z pada monitor.

Pengaturan ini penting juga diketahui bila anda membeli sebuah keyboard dengan layout jerman. Bila settingan bahasa pada komputer anda masih menggunakan bahasa inggris, maka anda akan mengira keyboard yang baru anda beli itu jelek dikarenakan karakter yang diketikkan dari keyboard jerman ternyata tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Saat hendak mengetik karakter Y, ternyata yang muncul di layar monitor adalah huruf Z. Begitu pula saat hendak mengetik karakter ß (eszett), karakter yang muncul malah tanda strip (-). Jadi, pastikan layout keyboard anda sesuai dengan pengaturan bahasanya agar setiap karakter yang diketikkan dari keyboard tersebut sinkron dengan yang tertampil pada layar monitor.

Referensi :

  1. https://en.wikipedia*.org/wiki/German_keyboard_layout
  2. https://en.wikipedia*.org/wiki/Keyboard_layout
  3. https://en.wikipedia*.org/wiki/Umlaut_(linguistics)
  4. https://en.wikipedia*.org/wiki/%C3%9F
  5. https://en.wikipedia*.org/wiki/German_language
  6. https://support.microsoft*.com/en-us/help/258824/how-to-change-your-keyboard-layout
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s