Suasana Idul Fitri 1438 H di Aachen

 

 

Bilai_2017
Di Depan Mesjid Bilal setelah Pelaksanaan Solat Idul Fitri 2017

 

Pada tahun 2017 ini saya, istri, dan anak berkesempatan untuk mengikuti solat sunat Idul Fitri di Jerman. Ini adalah Idul Fitri pertama kali jauh dari sanak keluarga. Di Indonesia biasanya solat idul fitri dilakukan pada pagi hari sekitar jam 06.00 WIB. Kami sekeluarga melaksanakan solat idul fitri di Mesjid Bilal [1]. Di mesjid ini, solat idul fitri dilakukan lebih siang yaitu pada pukul 08.30 dan 10.00. Dilakukan 2 kloter dikarenakan keterbatasan tempat. Pada kloter pertama khutbah disampaikan dalam bahasa arab sedangkan pada khutbah kedua menggunakan bahasa jerman.

Mungkin ada yang penasaran dengan suasana berlebaran di Aachen. Perbedaan yang mencolok adalah disini tidak ada tradisi mudik. Tidak ada pula siaran televisi yang mengabarkan keramaian idul fitri. Ini bisa dipahami dikarenakan muslim adalah kaum minoritas di Jerman. Namun meskipun minoritas, kami alhamdulillah merasa aman tinggal di Jerman. Selain itu, biasanya pada malam hari sebelum idul fitri, di Indonesia akan bergema takbir. Disini kami sama sekali tidak mendengar takbir. Kami hanya mendenger takbir di sekitar mesjid Bilal saat kami hendak melaksanakan solat idul fitri disana. Perihal tata cara melaksanakan solat idul fitri pun tidak berbeda dengan Indonesia. Setelah memasuki mesjid, jamaah langsung melantunkan kalimat takbir sampai dengan waktunya untuk melaksanakan solat. Setelah solat kemudian disambung dengan khutbah. Perbedaan lain yang saya temukan adalah, biasanya setelah selesai solat maka semua jamaah akan salam-salaman. Namun disini tidak ada proses seperti itu, yang ada hanyalah salam-salaman dengan orang-orang yang dikenal saja. Jadi setelah khutbah selesai, jamaah langsung bubar begitu saja. Oh ya sebagai informasi, sebaiknya datang 1 jam sebelum acara dimulai agar dapat memperoleh tempat di dalam mesjid. Teman-teman Indonesia yang datangnya telat mengatakan dikarenakan datangnya telat, mereka akhirnya solat di pekarangan mesjid dan saat itu juga sempat hujan gerimis. Bagi keluarga yang tidak memiliki anak, mungkin tidak akan menjadi masalah. Bagi kami ini akan menjadi masalah karena kuatir anak menjadi sakit setelah kehujanan.

Bagi kami (saya khususnya) menyantap opor ayam lengkap dengan ketupatnya merupakan hal yang harus dilakukan pada hari raya. Alhamdulillah hal ini terlaksana dikarenakan istri saya dapat membuat ketupat walaupun tidak menggunakan cara tradisional [2]. Kami juga alhamdulillah bisa berbagi kebahagian dengan mengundang 2 orang teman kami untuk menyantap opor dan ketupat di rumah kami.

Sebetulnya ada hal sedih yang tidak bisa kami lakukan. Kami tidak dapat berkumpul dengan sanak keluarga. Kami melakukannya menggunakan video call. Alhamdulillah dengan cara itu, sedikit dapat mengurangi kerinduan kami.

Hal terakhir yang ingin saya sampaikan adalah perihal halal bihalal Keluarga Islam Aachen (KIA) [3]. Organisasi ini mengadakan halal bihalal yang pada tahun ini dilaksanakan di kediaman Tante Sri Tunruang yang beralamat di Huub Hermans Staat 17 , 6291 LP Vaals. Selain pelaksanaan halal bihalal ini, pada bulan Ramadan, KIA juga mengadakan buka puasa bersama setiap hari Jumat dan Sabtu. Adapun tempat buka puasa dilaksanakan secara bergiliran di rumah salah satu anggota KIA. Alhamdulillah, perkumpulan ini dapat mempererat tali silaturahmi warga muslim indonesia di Aachen.

Akhir kata,

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

(Semoga Alloh menerima amalku dan amal kalian) [5]

Aachen, 25.06.2017

 Reference

  1. https://www.izaachen*.de/
  2. https://en.wikipedia*.org/wiki/Ketupat
  3. https://keluargaislamaachen.wordpress*.com/
  4. https://web.facebook*.com/groups/519022388177966/
  5. https://muslim.or.*id/17740-ucapan-selamat-pada-hari-raya-idul-fitri.html

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s