Review Penggunaan Kartu SIM WinSIM

 

Kurang lebih telah 6 bulan saya menggunakan kartu sim WINSIM. Alasan pemilihan kartu ini telah dijelaskan di [1]. Dulu benar-benar belum mengetahui kualitas kartu sim ini, sekarang saatnya saya memberikan review produk ini agar pembaca mendapatkan gambaran yang lebih practical.

Seperti yang dijanjikan oleh winsim, selama belum melebihi kuota penggunaan, kecepatan surfing intenet mencapai 50 Mbit/s. Saya terus terang belum mengecek secara terukur dengan software untuk menyatakan berapa kecepatan aktualnya. Namun, berdasarkan pengalaman, kekuatan jaringan ini termasuk bagus. Tidak ada kendala lambat saat menggunakan jaringan internet. Walaupun, saya juga mendapatkan info dari teman, di daerah tertentu sinyalnya rendah sehingga internet menjadi lambat. Yang menjadi kendala adalah kecepatan setelah kuotanya melebihi penggunaan. Kecepatan internetnya menjadi 16 kbit/s. Kecepatan ini sangat lambat. Sebagai contoh, kecepatan ini hanya mampu menerima pesan whatsap. Itu pun hanya berupa text nya saja. Pesan berupa images tidak bisa diupload / didownload. Oh ya, saya juga sempat kaget dengan ternyata banyak juga tagihan bulanan dari winsim bila saya membeli kelebihan pemakaian paket data. Hal ini dikarenakan winsim akan secara otomatis menambahkan 3 x 100 MB dengan masing-masing seharga 2 Euro. Selain itu, winsim akan memberikan tawaran tambahan 1 GB dengan harga 4,99 euro (lihat Gbr 1). Artinya bila saat ini anda berlangganan winsim seharga 6.99 euro per bulan. Bila ada charge tambahan kuota, per bulan anda akan membayar sebesar 17.98 Euro. Mahal bukan?

Sebetulnya penambahan kuota seperti ini jarang sekali dialami oleh orang lain. Dikarenakan pada umumnya setiap rumah di jerman memiliki koneksi internet di rumahnya. Kebetulan saat ini saya belum memiliki koneksi internet di rumah sehingga penggunaan data internet saya sering melampaui kuota yang diberikan.

winsim
Gbr 1. Typical Paket Data WINSIM

 

Aachen, Jerman, 11 Juni 2017
Yohan Fajar Sidik

Referensi

  1. Provider Telekomunikasi di Jerman
  2. https://www.winsim*.de/tariffs/lte-minis
Leave a Reply

