Kiriman Paket Melalui GLS di Jerman

Ada kalanya paket yang dikirim oleh agen pengiriman barang tidak dapat diterima oleh penghuni rumah pada hari pengiriman. Ini dikarenakan penghuni rumah sedang tidak berada di tempat. Bila terjadi demikian, biasanya paket tersebut akan dibawa kembali ke depot atau dikirimkan ke parcel shop terdekat. Istilah depot merujuk pada sebuah tempat persinggahan pengiriman. Sedangkan paket shop adalah toko-toko yang memiliki kerja sama dengan perusahaan pengiriman barang. Toko-toko tersebut pada umumnya merupakan toko reguler biasa misalnya toko komputer, toko buku, dll. Di Aachen misalnya, paket shop dapat ditemukan di ISCOM Multimedia Service dan Russischer Buchladen Altshiler [1]. Sebagai tambahan info, toko-toko reguler di Aachen tidak mencantumkan plang nama paket shop sehingga bagi pemula tentunya tidak yakin bahwa tempat tersebut adalah sebuah paket shop. Setelah paket berada di paket shop, anda dapat mengambil barang tersebut dengan menunjukkan kartu pemberitahuan dan ausweis. Kartu pemberitahuan biasanya akan ditempelkan di pintu atau di kotak surat penerima barang. Kartu tersebut berisi nama penerima, alamat paket shop, dan nomor tracking. Nomor tracking tersebut dapat diinputkan di [3] untuk mengecek secara aktual dimana lokasi paket. Berdasarkan pengalaman saya dengan GLS, update data tracking ini cukup aktual.

Proses di atas adalah proses normal dari sebuah perusahaan yang bernama GLS [2]. Namun, saya mengalami hal yang sedikit unik. Sebelum menjelaskan proses unik tersebut, saya akan menjelaskan proses detail klaim barang melalui GLS tersebut [4]:

  1. Barang dikirim dari depot ke lokasi penerima
  2. Bila penerima tidak ada lokasi, paket dikirimkan ke paket shop terdekat (waktu yang tersedia untuk pengambilan adalah 8 hari)
  3. Bila tidak diambil selama 8 hari, paket akan dikirimkan kembali ke depot
  4. Setelah ada kesepatakan antara penerima barang dan GLS, paket dapat dikirimkan ke alamat yang disepakati. Bisa ke alamat rumah atau paket shop

Pada pengalaman saya, proses nomor 2 di atas tidak berjalan seperti biasanya dikarenakan parcel shop yang menjadi tempat penyimpanan paket saya akan tutup selama seminggu sehingga paket yang baru disimpan 1 hari itu pun diambil kembali oleh GLS. Padahal seharusnya paket tersebut berada di paketshop selama 8 hari. Dengan adanya kejadian ini kemudian saya mengirimkan email ke customer service-nya [5]. Berdasakan pengalaman saya, respon dari customer service nya cepat dan baik. Yang perlu diperhatikan adalah jam kerjanya. Mereka hanya akan merespon pada jam kerja (Mo-Fr : 08-18.00). Berdasarkan info dari customer service nya, paket sedang dikirimkan pada hari itu juga. Diperkirakan sampai rumah jam 12.00. Namun sayangnya, pengiriman yang kedua ini pun tidak berjalan dengan lancar yang mengakibatkan paket tidak dapat diterima untuk yang kedua kalinya. Alasannya saat ada yang menekan bel, tidak ada jawaban dari yang menekan bel sehingga istri saya tidak turun ke bawah untuk mengambil paket. Maklum, istri saya baru saja 3 minggu di Jerman dan merasa takut apabila ada orang asing yang tidak diketahui masuk rumah. Selain itu, apartment kami terletak di lantai 4 (baca: lantai 5 versi indonesia). Kemudian saya pun kembali mengirimkan email ke customer service dan saya menyepakati paket tersebut untuk dikirim ke paketshop lain yang berada di Aachen. Info dari customer service, proses pengiriman ke paketshop membutuhkan waktu 1-5 hari. Namun ternyata saat saya mengecek online tracking, paket tersebut sudah sampai di lokasi yang disepakati. Setelah lewat jam kerja di kantor, saya pun bergegas pergi ke lokasi paketshop untuk mengambil paket saya. Oh ya, sebelum mengambil paket tersebut, pastikan notification card dengan alamat yang baru sudah berada di tangan. Bila tidak, pegawai di paketshop akan bersikeras bahwa paket anda tidak berada di tempatnya.

Aachen, Jerman, 11 Juni 2017
Yohan Fajar Sidik

Referensi

  1. https://gls-group*.eu/EU/en/depot-parcelshop-search
  2. https://gls-group*.eu/EU/en/the-company
  3. https://gls-group*.eu/EU/en/faq-regular-shipment
  4. https://gls-group*.eu/DE/en/faq-recipients
  5. Alamat email gls : service@gls-germany.com

 

Leave a Reply

