Cool Stuff di Jerman : Fotoservice

Ceritanya saya membeli sebuah frame foto yang berukuran 10 x 15 cm di Aktion, Vaals, Netherlands. Tetapi foto keluarganya belum dicetak. Pada mulanya saya berpikir bahwa untuk mencetak foto perlu datang ke foto studio seperti yang sering saya lakukan di Indonesia. Di Jerman ternyata berbeda, di supermarkt yang bernama DM [1] terdapat beberapa komputer plus printer untuk mencetak foto yang dioperasikan oleh pengguna (lihat Gbr 1).  Sistem seperti ini yang saya ajungi jempol di Jerman. Banyak hal yang dibuat efisien. Dalam komputer tersebut, tersedia ukuran dan jenis foto yang akan dicetak. Misalnya : Fotoabzüge, Fotobücher, Grußkarten, dan Fotokalender. Detail informasinya dapat merujuk ke [2]. Untuk kasus saya, saya ingin mencetak foto ukuran 10 x 15. Tipe yang saya pilih adalah Fotoabzüge. Harga cetak foto di DM ini relatif murah. Saya mencetak 2 buah foto ukuran 10 x 15 dengan harga 0.27 euro per foto [3].

fotoservice
Gbr 1. Fotoservice

 

Referensi:

  1. https://www.dm*.de/neu/
  2. https://www.dm*.de/services/services-im-markt/fotoservice/
  3. https://www.dm*.de/services/services-im-markt/fotoservice/fotoabzuege-preisuebersicht-c925106.html

Aachen, 23 Februari 2017
Yohan Fajar Sidik

Leave a Reply

