Hal Penting tapi Sering Luput dari Pemikiran Seseorang yang Sedang Mencari Sekolah di LN (Khususnya Jerman)

Kuliah di Luar Negeri seakan menjadi primadona bagi pelajar-pelajar di Indonesia. Motivasinya pun beragam seperti ingin mendapatkan titel yang keren dari LN, ingin mendapat pendidikan terbaik, ingin memiliki pengalaman hidup di negara maju, belajar budaya, dsb. Terlepas dari itu semua, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan oleh calon mahasiswa internasional tersebut, yaitu :

  1. Kenalilah potensi masing-masing sehingga dapat memilih jurusan yang tepat. Lakukan riset mendalam dengan membaca semua informasi dari website universitas tersebut. Biasanya tidak semua informasi yang kita butuhkan tersedia di website utama universitas tersebut. Sebagai contoh, referensi [1] adalah website utama RWTH Aachen. Pada link tersebut tidak terdapat kurikulum kuliah masing-masing jurusan, tapi kurikulum tersebut dapat ditemukan di [2]. Saya jelaskan perihal ini disini dikarenakan link kedua tersebut biasanya tidak muncul di search engine seperti google.
  2. Persiapkan kemampuan bahasa. Bila memilih Jerman sebagai tujuan studi, selain bahasa inggris persiapkan juga kemampuan bahasa Jermannya. Di Universitas Jerman, banyak kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh universitas / institut yang bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Jerman. Selain itu, aktivitas sosial seperti bercengkrama dengan teman Jerman dan belanja keperluan harian/mingguan juga memerlukan bahasa Jerman. Bila tidak menguasai bahasa ini, bulan-bulan awal hidup di Jerman akan terasa sulit dan bahkan merasa terkucilkan. Demi kelancaran studi kalian di Jerman, saya sarankan untuk mengikuti kursus bahasa Jerman sampai lancar di Indonesia terlebih dahulu. Bagi yang domisili di Jogja, kursus bahasa Jerman dapat diikuti di Pusman UGM [3].
  3. Persiapkan masalah pendanaan. Jangan mentang-mentang tuition fee di Jerman itu gratis sehingga menganggap sepenuhnya gratis. Setiap bulannya tetap membutuhkan biaya hidup yang tidak sedikit. Selain itu, mahasiswa biasanya tetap diwajibkan membayar sejumlah uang yang disebut semester fee. Untuk perkiraan biaya hidup di Jerman dapat dibaca di [4].
  4. Khusus pelamar program doktoral. Perlu diperhatikan bahwa ada 2 jenis surat penerimaan. Pertama adalah surat penerimaan dari Professor (biasa disebut juga dengan letter of confirmation/invitation letter) dan yang kedua adalah surat penerimaan dari international office (biasa disebut letter of acceptance atau letter of admission). Pastikan kedua jenis surat tersebut diperoleh.

Referensi :

  1. http://www.rwth-aachen*.de/go/id/muic?lidx=1#aaaaaaaaaaamuie
  2. http://www.campus.rwth-aachen*.de/rwth/all/groups.asp?tguid=0xBEF068CB23A0D94688F03AE6E97A7855
  3. http://www.pusman*.ugm.ac.id/
  4. http://www.rwth-aachen*.de/go/id/bqmo/lidx/1

Aachen, Germany, 28/1/2017
Yohan Fajar Sidik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s