Provider Telekomunikasi di Jerman

Saat pertama kali tiba di Jerman pada tanggal 15/10/2016, sim card yang terpasang di smartphone saya adalah telkomsel. Pastinya sim card telkomsel ini tidak dapat digunakan di luar wilayah RI, padahal ingin sekali segera mengabarkan bahwa saya telah sampai dengan selamat di Aachen kepada keluarga. Pada waktu itu saya juga belum familiar dengan sistem kontrak provider telekomunikasi di Jerman sehingga saya memutuskan untuk membeli pre-paid SIM yang bernama Ay Yildiz yang dibeli di dekat Bushof. Setidaknya saya menggunakan kartu ini selama 1 bulan sebelum saya beralih menggunakan sim card yang berkontrak. Penentuan provider yang berkontrak ini juga sedikit sulit dikarenakan tidak mengetahui apa saja nama provider telekomunikasi di Jerman. Provider yang saya ketahui hanyalah O2, selanjutnya saya mengetahui provider WinSim dari 2 orang teman saya. Mereka merekomendasikan menggunakan WinSim karena WinSim memiliki banyak keuntungan dibandingkan provider lain. Misalnya harga per bulan yang lebih rendah (6.99 Euro), kuota internet yang lebih besar (2 GB), biaya telfon dan sms yang telah masuk biaya per bulan. Untuk lebih detail dapat membaca general conditions di [1]. Proses pendaftaran WinSim dapat dengan mudah dilakukan dengan mengikuti tahapan-tahapan di website [2]. Setelah semua proses pendaftaran tersebut selesai maka provider WinSIM akan mengirimkan sim card dalam waktu 3 hari kerja.

Aachen, Germany
15.01.2017

References:

  1. https://www.winsim*.de/pdf/994/ueberblick
  2. https://www.winsim*.de/tariffs/winsim-all-2gb

Note:
Hapus tanda (*)

One thought on “Provider Telekomunikasi di Jerman

Leave a Reply

