Legalisir Akte Nikah dan Akte Kelahiran Anak di Kedutaan Jerman

Pada tulisan sebelumnya, saya telah menuliskan pengalaman saya dalam mengurus legalisir akte nikah dan akte kelahiran di 3 kementerian. Bagi yang belum membacanya, silakan baca dengan mengklik tautan ini. Untuk dapat digunakan sebagai syarat pengajuan visa kumpul keluarga ternyata masih ada 1 tahapan legalisir lagi, yaitu legalisir di kedutaan Jerman. Sebelum melakukan legalisir, saya telah melakukan blogwalking ke beberapa blog yang didapat dari hasil pencarian google, yaitu :

  1. https://mellyloveskitchen.com/2014/11/29/visa-kumpul-keluarga-ke-jerman/
  2. https://ifahlatifah87.wordpress.com/tag/tahapan-pengajuan-visa-kumpul-keluarga/

Menurut blog no 1, untuk legalisisasi dokumen di kedutaan perlu membawa dokumen sbb :

  1. Fotokopi Kartu Identitas Jerman suami/ Ausweis dan Kartu Identitas terdaftar di Universitas Jerman
  2. Fotokopi Anmeldenbestätigung/ Bukti suami sudah terdaftar di daerah setempat
  3. Fotokopi surat undangan suami yang sudah distempel oleh Ausländerbehörde setempat dimana suami tinggal.

Sedangkan menurut blog no 2, syarat yang perlu dibawa adalah :

  1. Buku nikah asli yg sudah dilegalisir di 3 kementrian (agama, humham, dan luar negeri)
  2. Terjemahan asli yang ada cap ttd penerjemah tersumpah
  3. Dokumen lain-lain : usahakan semua dokumen aplikasi visa dibawa semua (terutama yang menyangkut data suami)

Namun ternyata pengalaman yang saya alami berbeda, untuk melakukan legalisir di Kedutaan Jerman, dokumen yang perlu dibawa hanyalah dokumen asli yang akan dilegalisir dalam hal ini akte nikah dan akte kelahiran anak. Saya menduga, bila legalisir dilakukan oleh istri dari suami yang sudah berada di Jerman maka diperlukan dokumen-dokumen tersebut, namun apabila dokumen tersebut dilegalisir oleh suami, prosesnya akan menjadi mudah. Pada saat pengajuan legalisir di kedutaan ini, akan ditanya beberapa hal oleh petugas loket nya. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan jawaban dari saya adalah :

  1. Keperluannya apa?
    legalisir akte nikah dan akte lahir anak untuk keperluan visa kumpul keluarga
  2. Coba saya lihat dokumennya dulu!
    Ini bu, silakan
  3. Siapa pengundangnya?
    Saya sendiri, saya akan berangkat bulan depan, sementara istri dan anak akan menyusul
  4. Visa bapak sudah selesai?
    Sudah selesai, tapi baru diambil hari ini jam 11.00 WIB

Setelah proses tersebut, petugas loket menyebutkan bahwa biaya perlembarnya adalah Rp360.000. Dikarenakan ada 2 dokumen maka total biayanya adalah Rp720.000. Setelah itu, petugas mempersilakan saya untuk menunggu karena hasil legasir akan jadi pada hari itu juga. Perlu dicatat oleh teman-teman, lama tunggunya lumayan lama juga, saya waktu itu menyerahkan dokumen jam 08.30 WIB dan baru selesai jam 10.45. Oleh karenanya, datanglah sepagi mungkin. Untuk legalisir di kedutaan ini, tidak diperlukan termin, jadi silakan saja datang ke kedutaan pada hari kerja (senin-jumat) jam 08.00-11.30 WIB.

Semoga bermanfaat!

Tasikmalaya, 16 September 2016
Yohan Fajar Sidik

Advertisements

13 thoughts on “Legalisir Akte Nikah dan Akte Kelahiran Anak di Kedutaan Jerman

  1. Salam kenal Pa Yohan.. mau bertanya, akta dan surat nikah yg asli yang telah dilegalisir apa perlu diterjemahkan lagi? Atau terjemahan sudah cukup yang dilegalisir di 3 kementerian?

    Terima kasih

    1. Salam kenal Pa Yohan.. mau bertanya, akta dan surat nikah yg asli yg sudah dilegalisir di kedutaan apa perlu diterjemahkan lagi?

    2. Salam kenal, Pak
      Di 3 kementerian itu, dokumen asli yang dilegalisir. Setelah dilegalisir perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh penerjemah yang ada dalam list kedutaan. Dokumen yang telah diterjemahkan tidak perlu dilegasir lagi.

      Terima kasih

  2. Yth pak Yohan,
    Sy mau tanya pak, bgmn menghubungi kedutaan Jerman utk legalisiren akta nikah jerman. Apakah sy bisa dtg langsung ke kedutaan atau harus bikin appoinment dulu? Jika hrs melalui apa sy bikin appoinment nya? Email? Krn di web tidak ada no telp kedutaan.
    Terima kasih pak atas bantuannya
    Kusnadi

  3. Salam kenal pak Yohan, apa pengurusan legalisasi akte nikah berbarengan dengan pengauan visa nasional saya apa bisa ? saya rencana menggunakan paspor biru untuk tugas belajar beasiswa.

    1. Salam kenal Pak Benyamin,

      Legalisasi akte nikah merupakan syarat pengajuan visa nasional untuk kumpul keluarga. Jadi tidak bisa berbarengan pengajuan. Seandainya pengajuan visa nasional tetap dilakukan, sementara akte nikah masih dalam proses legalisasi, tentunya pihak kedutaan akan menyatakan dokumennya tidak lengkap. Mereka tidak akan memprosesnya.

      Bila kasusnya, akte nikah tersebut sudah dilegalisasi oleh 3 kementerian dan hanya membutuhkan legalisasi kedutaan. Pak Benyamin bisa melakukan proses legalisasi pada pagi harinya di lantai bawah dari jam 08.00-11.30. Oleh karenanya, buat termin visa nasional pada siang harinya mulai jam 12.00.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s